Rabu, 03 November 2010

Tugas Review Jurnal


Tugas Review Jurnal
Review Jurnal 2
Tema                 : Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Judul                  : Pengkajian Produk Unggulan Dalam Meningkatkan Ekspor UKM dan
     Pengembangan Ekonomi Lokal

Pengarang          : Loso Winarto dan Darmawati Nazir
Tahun penulisan : 2006
Latar Belakang Masalah
Persaingan dalam perdagangan internasional (atau pasar pada umumnya) amat ditentukan pada keunggulan yang dimiliki atau keunggulan produk yang dihasilkan. Dalam hal ini Usaha kecil dan menengah atau yang biasa disingkat UKM, yang dapat dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian nasional, masih belum memiliki kemampuan yang cukup memadai untuk menghasilkan produk yang dapat bersaing di pasar global.
Sehingga dalam hal ini perlu dilakukan kajian untuk mengidentifikasi produk unggulan terutama yang berasal dari sektor usaha kecil menengah, sebagai proses pengembangan sumber daya lokal dan optimalisasi atas potensi ekonomi daerah. Pengembangan produk unggulan dan pengembangan UKM juga dapat menjadi strategi yang efektif dalam pengembangan ekonomi daerah. Terlebih lagi pada daerah yang tertinggal atau mempunyai ketimpangan ekonomi terhadap daerah/wilayah lain.
Tujuan Penelitian
  • Menyusun deskripsi produk-produk unggulan potensial untuk peningkatan ekspor UKM dan pengembangan ekonomi lokal
Metodelogi
Variable : Variable yang diteliti pada penelitian kali ini berfokus pada Produk Unggulan, yang memiliki daya saing, berorientasi pasar dan ramah lingkungan.
Data : Data yang dikumpulkan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari lokasi pengkajian secara langsung, baik yang dilakukan melalui kuesioner, wawancara maupun diskusi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui survey instansional yang berupa peraturan-peraturan, laporan-laporan dan data tertulis lainnya yang berhubungan dengan pengkajian ini.
Model Penelitian : Model penelitian disajikan dalam bentuk penjelasan dan table, tanpa disertai dengan grafik maupun perhitungan matematis.
Hasil
Berikut ini akan disajikan daftar produk unggulan yang ditemukan peneliti pada daerah penelitian :
NO
Provinsi
Kota/ Kab. Sampel
Produk Unggulan
 
1
 
Jawa Timur
 
Kota Batu
  • Keripik Apel
  • Sari Apel
  • Jus Apel


 
Kabupaten Sidoarjo
  • Bordir
  • Sepatu
  • Batik Tulis
 
2
 
D.I. Yogyakarta
 
Kabupaten Sleman
Kabupaten Bantul
  • Kerajinan Bambu
  • Tenus Serat Alam
  • Kerajinan Kayu
3
Nusa Tenggara Barat
Kota Mataram 
Kabupaten Lombok Barat

  • Kerajinan Anyaman
gerabah/keramik
 
4
 
Sulawesi Tenggara
 
Kota Abu-abu dan Kabupaten Buton
  • Coklat
  • Kacang Mete
  • Udang
  • Ikan Kerapu
  • Kopra
5
Sumatera Utara
Kota Medan dan Kabupaten Langkap
  • Anyaman Rotan
  • Sepatu
Dari segi pemasaran produk tersebut tidak hanya mengisi pasar dalam negeri saja tetapi juga telah menjangkau pasar ekspor. Pasar ekspor dari produk tersebut mencakup pasar Asia, Amerika, Eropa dan Australia.
Dari sisi teknologi produksi produk unggulan untuk DIY 75 % belum menggunakan mesin, sedangkan di provinsi Jawa Timur 60 % telah menggunakan peralatan mesin, untuk provinsi NTB ternyata 50 % telah menggunakan mesin, pada provinsi NTB ternyata 98 % belum menggunakan peralatan mesin, dan pada provinsi Sumatera Utara diketahui 50 % telah menggunakan mesin sedangkan lainnya belum. Dari aspek penggunaan tenaga kerja hampr pada semua lokasi penelitian  menggunakan tenaga kerja masyarakat local kecuali untuk produk Bordir dan Batik tulis di Jawa Timur dan untuk  produk unggulan Ayaman Rotan dan Sepatu di Sumatera Utara sebahagian tenaga terampil didatangkan dari luar (mencapai 50%).
Kesimpulan
Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
Kondisi Pengusahaan Produk Unggulan
  1. Produk Unggulan pada lokasi penelitian prioritas untuk dikembangkan karena memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan kemampuan mengakses pasar diperkirakan akan semakin meningkat.
  2. Intervensi bagi peningkatan akses ke pasar tersebut, diharapkan dapat diperankan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah dengan juga membangun sinergi upaya dengan stakeholder lainnya.
Rekomendasi
  1. Perlu disepakati secara nasional dan lintas sektoral (dengan memperhatikan keunikan setiap daerah) tentang kriteria produk unggulan.
  2. Perlu dilakukan kajian kebijakan dan perumusan kelembagaan pengelola kawasan perbatasan, termasuk perlunya perlakuan khusus bagi kawasan ini, termasuk bagi pengembangan UKM-nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar